Astigmatisme (silindris)

Sebenarnya mata kiri saya menderita astigmatisme (silindris) dan mata kanan saya sudah minus juga. Biarpun derajatnya masih ringan, tapi lumayan mengganggu ternyata. Apalagi kalau saya sedang lupa membawa kacamata. Beberapa kali saya pernah menabrak meja atau pintu. Dan seringnya badan saya yang sebelah kanan yang menabraknya. Saya merasa seolah-olah sudah pas dengan posisi saya dan tidak akan menabrak, tapi ternyata saya nabrak juga.

Begitulah biasanya saya kalau sedang tidak memakai kacamata. Derajat silindris saya masih ringan, baru 0,75 dan mata minus saya 0,5 tapi kok sudah berdampak begitu ya. Apa saya yang kurang memperhatikan ya. Hmmm...

Apalagi pekerjaan saya itu harus berhadapan dengan komputer terus selama kurang lebih 9 jam sehari. Kalau saya kelupaan tidak memakai kacamata, alhasil dalam beberapa saat pandangan saya langsung nge-blur. Kepala juga sering pusing-pusing.

Dari sebuah artikel yang saya baca, astigmatisme (silindris) itu adalah kelainan pada mata yang disebabkan karena lengkung kornea mata tidak merata. Penyebabnya bisa karena memang keturunan, atau tekanan yang berlebihan pada kornea seperti kebiasaan buruk saat membaca atau melihat sesuatu dalam jarak yang terlalu dekat.
Pada orang yang matanya normal, titik hitam di kornea mata akan berbentuk bulat seperti bola. Sedangkan pada mata penderita silinder terjadi kerusakan pada titik itu. Dampaknya bayangan yang terlihat akan kabur, dan akan terlihat jelas pada satu titik saja (tidak fokus), karena mata tidak mampu menangkap cahaya dan memantulkannya dengan baik (dipantulkan dengan tidak tegak lurus pada obyek). Jadi pada mata silinder blurnya ke arah tertentu, tidak seperti minus yang blur'nya ke segala arah (360 derajat).

Begitulah.. mata saya hanya bisa di pakein kacamata atau lensa kontak saja. Kalau tidak ya mengambil pilihan lain, yakni operasi. Haduhhh... semoga tidak bertambah buruk degh mata saya.
Amin... ^____^

Comments

Kakang Prabu said…
0.75 0.5?
kok podho to mon?
Anonymous said…
hahahaha... (doh)
kok isa yak? kitah kembaran penyakit ne.. wkwkwkwkw..
momon said…
loh..kok aku pake anonymous? wkwkwkw.. salah klik

Popular posts from this blog

AwaN hItaM - SiLvEr

BibbLe "Barbie Fairytopia"

Kencan Pertamaku